Sabtu, 05 Mei 2012

Cara Membuat Web pada Dreamweaver CS5

Halaman ini saya buat untuk melengkapi tugas Praktikum Sistem Informasi Berbasis Web

tadinya saya bingung untuk memulai bagaimana cara memulainya tapi setelah serching kesana kemari akhirnya dapet juga.

berikut caranya dan penjelasannya:


PENGERTIAN SITE

Site merupakan fitur untuk mengelola semua file yang ada pada website yang kita buat. Bukan hanya itu, fitur Site ini akan mengaktifkan fitur lainnya yang sangat mempermudah kita untuk mengembangkan website di Dreamweaver ini.
 

LIVE PREVIEW Dan PREVIEW IN BROWSER

Salah satu fitur pada Dreamweaver yang mempermudah web programmer adalah Live Preview dan Preview in Browser. Jika kita tidak menggunakan fitur Site, maka kita harus membuka web browser secara manual, dan menulis alamat URL untuk melihat preview-nya. Tapi, jika kita menggunakan fitur Site, maka kita hanya perlu menekan tombol F12, maka browser akan otomatis terbuka dan menuju ke URL file tersebut secara otomatis.


KONFIGURASI SITE

Jika kita ingin menggunakan fitur Site, maka kita perlu Dilakukan beberapa langkah saja. Langkah-langkah pengaturan Site pada Dreamweaver CS sampai CS3 berbeda dengan langkah pada Dreamweaver CS4 dan CS5. Untuk kali ini saya hanya memaparkan langkah-langkah pada Dreamweaver CS5.

  1. Klik menu Site, New Site
  2. Pada bagian Site, masukkan nama website anda pada isian Site Name. Pada Local Site Folder, masukkan alamat folder dimana anda menyimpan file-file website anda
Site Name digunakan untuk penamaan website pada dreamweaver saja, tidak berpengaruh terhadap coding anda. Sedangkan Local Site Folder dapat ditempatkan dimana saja, dan sebaiknya tidak diletakkan pada server (htdocs atau www). Karena Local Site Folder bukanlah folder yang akan dijalankan pada server anda.
Sampai langkah ini sebenarnya anda telah selesai mengatur fitur Site, namun jika anda menggunakan bahasa pemrograman web (ASP, JSP atau PHP)maka fitur seperti Live Preview dan Preview in Browser tidak akan berjalan baik.

untuk cara lebih lanjut dapat di download di link di bawah ini:
http://www.ziddu.com/download/19312561/CaraMembuatWebpadaDreamweaver.pdf.html 

1 komentar: